top of page
Search

FAKTA TENTANG HIVdan AIDS


HIV adalah virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh.Jika tidak diobati, sistem kekebalan tubuh seseorang akhirnya akan menurun. AIDS mengacu pada serangkaian gejala dan penyakit yang terjadi pada tahap akhir dari HIV.

Apaitu HIV?

HIV adalah virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh, yang merupakan pertahanan alami tubuh manusia terhadap penyakit.Virus ini menghancurkan jenis seldarah putih dalam sistem kekebalan yang disebutsel T-helper, dan membuat salinan dari dirinya sendiri di dalam sel-sel ini.Sel T-helper juga disebut sebagaisel CD4.

HIV menghancurkansel CD4 yang lebih dan membuat lebih banyak salinan dirinya, yang secara bertahap merusak sistem kekebalan tubuh seseorang. Ini berarti seseorang yang hidup dengan HIV, yang tidak menerima pengobatan, akan merasa lebih sulit untuk melawan infeksi dan penyakit yang timbul. Jika HIV tidak diobati, bisa memakan waktu hingga 10 atau 15 tahun untuk sistem kekebalan tubuh menjadi begitu rusak berat sehingga tidak mempunyai pertahanan dalam tubuhnya.Kecepatan perkembangan virus HIV bisatergantung pada usia, kesehatan, dan daya taha ntubuh seseorang.

FAKTA DASAR TENTANG HIV

• HIV adalah singkatan dari Human Immunodeficiency Virus.

• Pengobatan HIV dengan menggunakan ARV bertujuan untuk membuat orang dengan HIV dapat hidup sehat secara normal.

• Ketika terdiagnosa HIV, segera mendapatkan pengobatan lanjutan dengan cepat dan akses ARV. Tujuanya untuk mendapatkan kesehatan jangka panjang yang lebih baik.

• HIV dapat ditemukan dalam air mani, darah, cairan vagina dan dubur, juga air susu ibu.

• HIV tidak dapat menular melalui keringat, air liur atau urin, bersalaman, berpelukan. Menggunakan kondom adalah cara terbaik untuk mencegah HIV dan infeksi menular seksual lainnya.

• Jika menggunakan narkoba suntik, selalu menggunakan jarum suntik bersih dan jangan pernah berbagi peralatan.

• Jika Anda sedang hamil dan hidup dengan HIV, virus dalam darah Anda bisa masuk kedalam tubuh bayi Anda, atau setelah melahirkan melalui menyusui.

• Menggunakan ARV bisa memperkecil resiko penularan atau tidak menularkan sama sekali.

APA ITU AIDS?

AIDS bukanlah virus tetapisekumpulangejala (atausindrom) yang disebabkanoleh virus HIV. Seseorang dikatakan memiliki AIDS ketika sistem kekebalan tubuhnya terlalu lemah untuk melawan infeksi, dan gejala tersebut berkembang dengan jenis penyakit tertentu, dan ini merupakan tahap akhir dari HIV. Ketika infeksi sudah menyebar akan susah untuk ditangani dan bisa menyebabkan kematian. Fakta dasar tentang AIDS

• AIDS adalahsingkatandari Acquired Immunodeficiency Syndrome.

• AIDS juga disebutinfeksi HIV sebagai lanjutan atau tahap akhir HIV. AIDS adalah sekumpulan gejaladan penyakit yang berkembang sebagai tahap lanjutan dari infeksi HIV yang sudah menghancurkan sistem kekebalan tubuh.

• Dengan pengobatan yang baik dan mengakses ARV maka orang dengan HIV akan memiliki hidup yang lebih baik dibanding mereka yang tidak mengakses pengobatan lanjutan akan berkembang ketahap AIDS.Meskipun saatinibelumadaobat untuk HIV, dengan pengobatan yang tepat dan dukungan dari orang terdekat dapat membantu orang dengan HIV berumur panjang dan sehat.Untuk mendapatkan halini penting untuk meng akses pengobatan yang benarserta bisa mengelola efek samping dari obat.



18 views0 comments

Recent Posts

See All
bottom of page